OPTIMASI SEO ONPAGE UNTUK BLOG ANDA

optimasi seo onpage
Optimasi SEO Onpage Untuk Trafic Blog Anda - Dalam dunia seo dikenal dengan istilah onpage seo dan offpage seo, kedua hal tersebuat adalah langkah wajib yang harus dilakukan jika blog anda ingin berada pada halaman #1 Google.

Optimasi seo onpage lebih bertujuan untuk membantu Google mengindeks blog anda dengan akurat, dan optimasi off page lebih kearah mencari backlink dan mempromosikan blog anda sehingga kedua optimasi ini sangat penting.

Sebagai blogger kemaren sore saya merasakan dampak dari seo onpage ini begitu besar terhadap blog saya, terbukti hanya dalam 2 bulan terhir artikel-artikel blog ini sudah berada di halaman #1 Goggle walaupun anda juga bisa menghitung berapa jumlah artikel blog ini, mungkin masih sedikit dan saya jarang update artikel juga. Parahnya lagi saya juga masih lemah dalam mempromosikan blog saya ini. Tetapi dengan optimasi onpage artikel saya bisa masuk jajaran halaman #1.

Untuk kesempatan kali ini saya akan membahas seo onpage atau optimasi pada struktur blog anda. Jika anda masih pemula dan bingung ikuti saja checklist seo onpage berikut ini dan sebaiknya anda lakukan satu demi satu karena proses ini hanya sekali dilakukan pada blog anda.
  1. Gunakan template SEO-friendly, atau anda bisa melihat koleksi template blog seo-friendly  saya. Jika anda tertarik silahkan download dan pasang pada blog anda.
  2. Atau jika anda ingin tetap menggunakan template blog anda maka sebaiknya anda memasang dynamic heading  pada blog anda dan jangan lupa memasang breadcrumbs dan juga pasang artikel terkait/related post.
  3. Patikan struktur template anda benar yaitu postingan artikel berada disebelah kiri dan sidebar di sebelah kanan. 
  4. Jangan lupa untuk membuat title tag dan meta descriptions yang berbeda di setiap halaman. Untuk membuat itu silahkan baca artikel Memasang title tag dan meta descriptions
  5. Daftarkan blog anda pada Google dan submit sitemap, baca cara daftar google webmaster  dan pasang kode verivikasi pada blog anda.
  6. Daftarkan blog anda paga Google Analitic dan Feedburner.
  7. Pasikan gambar yang berada pada sidebar memiliki ALT tag. Dan setiap gambar yang anda pasang dalam artikel harus memiliki alt tag.
  8. Pastikan memasang widget Popular Post, Blog archive dan label karena akan membantu penyebaran poin pagerank saat anda melakukan optimasi Offpage nanti.
  9. Sebaiknya widget label di simpan dibawah header (lihat blog ini).
  10. Pastikan tidak memasang link di sidebar yang menuju blog lain (tukaran link), karena itu adalah menjadi kebocoran link pada blog anda
  11. Pada bagian ahir atau footer pastikan link yang menuju Home Page yang mengandung kata kunci blog anda. (lihat blog ini).
Jika anda sudah menyelesaikan semua poin-poin optimasi seo onpage diatas maka blog anda sudah cukup seo friendly dari segi onpage. Yang harus anda lakukan adalah untuk menjaga agar anda tidak memasang widget yang tdak penting dan jangan lupa unuk membuat artikel yang berkualitas agar blog anda lebih disukai Google. Semoga bermanfaat dan blog anda mudah diindeks Google.

wdcfawqafwef